Kurikulum 2013 Harus Siapkan Siswa Bersaing Secara Global

Friday, May 10, 20130 comments

JAKARTA - Seiring dengan menguatnya persaingan ekonomi global, rasa ingin tahu, kemampuan berpikir kritis, serta fondasi sains dan matematika yang kuat bagi tenaga kerja di masa depan sangat penting. Sebab, hanya dengan bekal tersebut, para calon tenaga kerja masa depan itu mampu bersaing secara global.

Faktanya, selama periode 2006-2016, jumlah pekerjaan di bidang sains dan teknik akan bertumbuh lebih dari dua kali lipat dibanding laju pertumbuhan jumlah pekerjaan secara keseluruhan. Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan Musliar Kasim menyebut, perwakilan lima siswa Indonesia berprestasi ke Arizona, Amerika Serikat untuk berkompetisi di ajang Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2013 menjadi kesempatan untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

"Kami turut mengapresiasi dan sangat gembira atas kesempatan yang diberikan sehingga anak-anak bangsa dapat memajukan pendidikan di Indonesia, dalam rangka mengembangkan pendidikan khususnya kelima delegasi Indonesia untuk berkompetisi ke Intel ISEF," ujar Musliar dalam Konferensi Media Intel Education Day 2013 di Gedung A lantai 3, Ruang Auditorium Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, kemarin (7/5/2013).

Dia menambahkan, selain pihak swasta, setiap tahun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga mengadakan olimpiade, seperti fisika, matematika, dan lainnya di kancah internasional. "Ini semakin meyakinkan bersama bahwa kita harus bersaing di negara-negara lain," jelasnya.

Bahkan, dia berharap, kurikulum 2013 dapat diimplementasikan dengan sciencetific. "Insya Allah tahun ini kurikulum 2013 dijalankan dengan sciencetific. Mudah-mudahan dengan cara ini anak-anak didik kita dari SD, SMP, dan SMA dikembangkan lagi. Sejalan dengan upaya itu kami menyediakan anggaran anak-anak yang mempunyai akademik, seperti beasiswa dari SD hingga Perguruan Tinggi (PT)," imbuh Musliar.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SURYANI CENTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger