Wakil Rakyat: mewakili rakyat bukan mengakali…!

Tuesday, May 28, 20130 comments



Telah berlalu beberapa saat, semua Partai Politik di negeri ini mengajukan Bakal Calon Legislatif untuk tingkat DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Propinsi dan DPR. Pada putaran pertama (penelitian kelengkapan dokumen) ternyata sebagian besar para Bakal Calon Legislatif dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Kalau diperhatikan sebagian besar Partai Politik telah berpengalaman dalam mengikuti Tahapan Pemilu, namun ternyata masih saja terjadi “ketidak siapan”.  Apapun alasannya, kita sebagai Rakyat sebenarnya bertanya juga – “jangan-jangan” nantinya setelah terpilih, semua masih serba dadakan dan tidak siap, semoga tidak seperti sekarang.

Pada umumnya setiap Bakal Calon Legislatif selalu berkeinginan untuk terpilih, setidaknya ada alasan pribadi agar bisa terpilih nanti, yakni gengsi jadi naik, mempunyai sebutan Anggota Dewan yang terhormat, fasilitas dan sumber keuangan yang lumayan besar dan mempunyai kekuasaan untuk menentukan anggaran Negara. Dalam kondisi seperti ini setiap Bakal Calon Legislatif sibuk untuk mempersiapkan penampilan dirinya seatraktif mungkin, diantaranya menyiapkan foto yang terkeren, mempersiapkan jargon yang bombastis, mempersiapkan team sukses, menyiapkan rancangan baliho dan bahkan kasak-kusuk untuk mencari dukungan dari Kelompok-Kelompok yang berpenaruh untuk mengumpulkan suara, serta banyak lagi hal-hal yang lain. Kesemuanya ini sah dan boleh bila apa yang menjadi unggulan setiap Bakal Calon Legislatif tersebut memang mempunyai manfaat bagi Rakyat.

 Kalau mau jujur, sebenarnya Bakal Calon Legislatif tersebut haruslah terlebih dahulu memahami apa yang menjadi kekuatan dirinya , apa yang paling dikehendaki oleh rakyat di daerah pemilihannya, dan tentunya juga memahami bagaimana medan perjuangan dalam konteks Negara / Daerah melalui Partai Politik. Rakyat ingin punya Wakil yang mampu berjuang dan memperjuangkan amanat penderitaan rakyat, yakni hal-hal esensial yang dibutuhkan rakyat, yang bisa jadi tidak terdengar atau tidak terprioritaskan oleh Pemerintah sebagai penguasa. Inilah sebabnya dibentuk Lembaga Legislatif dan disinilah perlunya Wakil Rakyat yang kompeten bukan hanya populer.

Nyatanya, sejak Republik Indonesia berdiri hingga saat ini, kita semua merasakan kehadiran Lembaga Legislatif dan para Wakil Rakyat yang menjadi pelakunya setidaknya mempunyai kesan hanya sebagai tempat terjadinya intrik politik, hanya sebagai tempat untuk melitigimasi kehendak Penguasa dan terakhir ada kesan sebagai tempat penghamburan aset atau keuangan Negara untuk kepentingan pribadi maupun golongan. Kondisi ini yang sangat tidak dikehendaki oleh Rakyat, karena bukannya memperjuangkan amanat penderitaan rakyat malahan yang terjadi adalah kejadian-kejadian yang mengakali Rakyat.

Kini, saatnya kita sebagai Rakyat memberikan sumbangan kepada Bakal Calon Legislatif dengan cara mengkritisi dan memberikan masukkan yang konstruktif kepada Bakal Calon Legislatif di Daerah Pemilihan mereka dimana kita bertempat tinggal dengan cara:

  1. Menyuarakan apa yang kita kehendaki
Secara pribadi ataupun kelompok bersuaralah tentang apa yang kita kehendaki bersama untuk kehidupan yang lebih baik. Perhatikan Bakal Calon siapa yang mampu merumuskan kehendak kita itu dan selanjutnya menjadikan bahan perjuangannya nanti.
  1. Memilih Wakil yang berkarakter baik
Pilihlah Bakal Calon yang memiliki karakter baik, yakni jujur, berani, lugas, realistis dan tidak mengumbar janji yang tidak masuk akal.
  1. Mau peduli dan mendengar
Karena kita akan memilih Wakil, maka Bakal Calon tersebut haruslah mempunyai cara untuk mempedulikan dan mendengar kita. Bisa secara langsung ataupun melalui media komunikasi yang telah banyak salurannya dewasa ini. Yang penting Bakal Calon itu mampu menampung, meramu dan menyusun prioritas aspirasi yang kita suarakan untuk diperjuangkan nantinya.
  1. Mampu berkomunikasi yang mudah dimengerti
Wakil kita haruslah orang yang mampu berkomunikasi dengan baik, yakni mampu berkomunikasi dengan kita sebagai konstituennya dan juga berkomunikasi pada saat rapat legislatif serta memperjuangkan kepentingan Rakyat kepada Pemerintah.
  1. Mempunyai tujuan dan manfaat yang jelas bagi kebaikan Rakyat
Wakil / Bakal Calon Legislatif yang baik adalah orang yang mampu memberikan kejelasan tentang manfaat apa yang akan diperoleh dari perjuangkan yang dia lakukan. Betapapun perjuangan itu harus dilakukan secara bertahap namun kehendak atau manfaat yang ingin diraih dapat dikontrol pencapaiannya.

Menghadapi Penetapan Daftar Calon Tetap – Anggota DPR dan DPRD pada Pemilihan Umum 2014 pada saatnya nanti, kita harus aktif memberikan pendapat/kritik yang konstruktif. Mereka adalah yang akan mewakili kita, mereka saat ini membutuhkan suara kita, dan keberhasilan mereka adalah keberhasilan kita semua. Kita dan Mereka bersama memperjuangkan Indonesia yang lebih baik. Semoga.

Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. SURYANI CENTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger